Monday, June 27, 2016

Polychytemia Vera

Saya pikir semakin banyak jumlah darah dalam tubuh (Hb/Haemoglobin) di tubuh semakin bagus karena kebutuhan oksigen bagi organ tubuh terpenuhi, namun dugaanku salah.. Justru menyebabkan....

Polisitemia vera adalah suatu penyakit karena terlalu banyak sel darah merah yang dibuat oleh tulang sumsum.

Pada polisitemia vera, darah menjadi kental dengan banyaknya sel darah merah. Jumlah sel darah putih dan trombosit kemungkinan bisa meningkat juga. Kelebihan sel darah ini bisa terkumpul di limpa dan menyebabkan limpa menjadi bengkak. Peningkatan jumlah sel darah merah atau trombosit dalam darah dapat menyebabkan pendarahan dan penyumbatan dalam pembuluh darah. Hal itu dapat menyebabkan peningkatan risiko stroke atau serangan jantung. Pada pasian yang berumur lebih darih 65 tahun atau memiliki sejarah penyumbatan penggumpalan darah maka risiko terjadinya stroke atau serangan jantung lebih besar. Pasien juga mempunyai peningkatan risiko terjadinya leukemia mieloid akut (acute myeloid leukemia) atau mielofibrosis primer.

Yang mungkin menjadi gejala polisitemia vera termasuk sakit kepala dan bagian bawah rusuk sebelah kiri terasa penuh.
Polisitemia vera sering tidak menimbulkan gejala awal. Sering kali ditemukan pada saat pemeriksaan darah rutin. Gejala dapat terjadi jika adanya peningkatan jumlah sel darah. Kondisi lain yang dapat menyebabkan gejala yang sama. Periksakan diri ke dokter jika Anda mengalami masalah berikut ini:
– Merasakan tekanan atau rasa kepenuhan pada bagian bawah iga sebelah kiri.
– Sakit kepala.
– Pandangan berbayang atau pandangan menjadi gelap atau ada titik-titik hitam yang kadang ada dan tidak.
– Sekujur tubuh terasa gatal, khususnya setelah mandi air hangat atau air panas.
– Wajah memerah seperti tersipu-sipu atau terbakar matahari.
– Lemah
– Pusing.
– Berat badan menurun tanpa alasan pasti.

Pemeriksaan darah khusus dapat digunakan untuk mendiagnosa penyakit polisitemia vera.
Sebagai pelengkap dari pemeriksaan darah lengkap, aspirasi tulang sumsum dan biopsi, dan analisa sitogenetik, sebuah pemeriksaan serum eritropoietin digunakan untuk mendiagnosa polisitemia vera. Pada pemeriksaan ini sampel darah diperiksa untuk mengetahui tingkat eritropoietinnya (hormon yang menstimulasi pembuatan sel darah merah yang baru).

No comments:

Post a Comment