Wednesday, April 27, 2016

Kamera smartphone deteksi kanker mata, begini caranya!


Kanker mata atau yang lebih sering disebut Retinoblastoma kini bisa diketahui dengan cara yang mudah. Bahkan, hampir semua orang memiliki perangkat yang bisa mendeteksi penyakit yang tergolong mematikan ini.

Ya, ternyata hanya dengan menggunakan flash pada kamera smartphone Anda bisa mengetahui apakah penyakit yang umumnya menyerang anak kecil ini ada atau tidak. Retinoblastoma merupakan penyakit dari golongan kanker mata dan sangat ganas.
Penyakit ini bisa menyebar dengan cepat. 

Namun, jika penyakit ini bisa dideteksi lebih awal tentu tindakan pencegahan bisa dilakukan untuk melakukan pengobatan secara dini.
Kampanye yang dilakukan sebuah lembaga Anti Kanker Mata mendemonstrasikan bagaimana caranya mendeteksi ada atau tidaknya penyakit Retinoblastoma pada anak-anak.

Hanya cukup memfoto poster yang terdapat gambar mata seorang anak Anda, maka akan terlihat bulatan kecil pada pupil mata anak yang terjangkit Retinoblastoma. atau saat anda memotret diri anda atau orang lain dengan menggunakan kamera dan lampu flash dinyalakan, maka hasil jepretan foto tampak ada bulatan kecil pada mata. Demikian seperti dilansir Mirror.co.uk, Rabu (10/12/2014).

Bulatan putih kecil pada pupil mata si anak saat difoto dengan menggunakan flash kamera smartphone mengindikasikan adanya tumor mata pada seseorang.

Retinoblastoma merupakan penyakit yang menjangkiti sekira 40-50 anak-anak di Inggris setiap tahunnya. Penyakit ini menyerang retina seseorang tepat di belakang bola mata. Jika tumor tidak diberikan pengobatan dini, maka akan tumbuh menjadi kanker mata dan menutupi semua bola mata hingga mengakibatkan kebutaan dan berpotensi menyerang otak dan tulang tengkorak.

Dan jika kanker sudah menyebar ke bagian tubuh yang lain, maka pengobatan semakin sulit dilakukan. Jika diketahui sejak dini, pengobatan bisa dilakukan dengan terapi, kemoterapi atau operasi mata.

No comments:

Post a Comment